Pages

Jumat, 07 November 2014

TIPS AGAR TIDAK MALAS SALAT 5 WAKTU

Menurut KBBI salat adalah rukun Islam kedua, berupa ibadah kepada Allah SWT, wajib dilakukan oleh setiap muslim mukalaf, dengan syarat, rukun, dan bacaan tertentu, dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Salat adalah tiang agama, ketika seseorang malas mengerjakan salat makan robohlah tiangnya. Rasa malas sering datang ketika memasuki waktu salat, bagaimana cara mengatasinya? Berikut kami beri tips agar tidak malas salat:
1. Niat
Segala perbuatan tergantung pada niatnya. Niatkan pada diri kita untuk selalu salat  tepat di awal waktu. Bersungguh-sungguhlah melawan rasa malas itu jangan sampai rasa malas menguasai diri kita.
2. The power of habit (kekuatan kebiasaan)
Biasakanlah untuk salat lima waktu berjamaah dimasjid (bagi pria), walau pada awalnya terasa berat tapi jika dibiasakan akan terasa ringan, bahkan akan merasa rugi bila meninggalkannya.
3. Kontrol diri
 Jika rasa malas itu kembali menggerogoti kita, lawan saja. Ingat kewajiban sebagai orang muslim, ingatlah balasan/azab Allah terhadap orang-orang yang meninggalkan salat.
4. Jangan pernah ditunda
Jika adzan telah dikumandangkan segeralah untuk berwudhu. Apabila sedang melakukan aktivitas sepenting apapun, berhentilah sejenak. Ini mungkin yang sudah dilakukan, tapi menunda salat akan menimbulkan rasa malas nantinya.
5. Komitmen
Komitmen terhadap diri sendiri. Salat itu kewajiban, dan kewajiban itu harus dilaksanakan. Lakukan secara konsisten, sehingga salatpun berubah fungsi menjadi kebutuhan.

Rasa malas itu bisa datang kepada siapa saja tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Yang terpenting adalah niat, usaha, kemauan, dan komitmen untuk melakukan salat lima waktu tepat waktu.

0 komentar:

Posting Komentar