Pages

Selasa, 02 Desember 2014

Nayor, Angkutan Tradisional dan Legendaris di Cibadak Sukabumi


SUKABUMI, AKAR MELINTANG - Menurut wikipedia, Nayor adalah sejenis delman, dengan bentuk bodi unik mirip "tuk-tuk" kendaraan tradisional Thailand. Kendaraan ini adalah satu-satunya kendaraan tradisional yang ada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan hanya ada di Kecamatan Cibadak.

Nayor rodanya kecil dengan tempat duduk sempit, sehinga dengkul penumpangnya beradu dengan penumpang lainya. Jika penumpang yang duduk di sebelah kanan menghadap kedepan, maka yang duduk di seblah kiri sudah pasti harus menghadap kebelakang, menghadap ke pintunya. karena hanya Nayor yang memiliki pintu.

Nayor di Cibadak sudah sangat tua umurnya, dari sejak berakhirnya kekuasan belanda di Negri ini (kira-kira tahun 30an), konon yang memberi namanya pun orang belanda, yaitu dari kata "Nayure" yang artinya ekor. Dikarenakan bentuk bangun fisik nayor ini yang mirip dengan bagian belakang sebuah mobil di zaman itu.

Kendaraan legendaris ini sekarang hanya tinggal beberapa buah lagi di Cibadak karena kurangnya perhatian pemerintah, padahal jika dilestarikan, nayor bisa menjadi kendaraan pariwisata Sukabumi.

0 komentar:

Posting Komentar