Pages

Minggu, 18 Januari 2015

Situ Sukarame, Parakansalak


Situ Sukarame atau dalam bahasa Indonesia situ berarti danau Sukarame merupakan danau buatan peninggalan kolonial Belanda, nama Sukarame sendiri diambil dari nama kampung dekat situ tersebut. Situ Sukarame terletak di bawah kaki gunung salak sebelah selatan, tepatnya di kampung Sukarame kecamatan Parakansalak, Sukabumi. Situ Sukarame ini dikelilingi hutan damar, hutan pinus, dan kebun teh yang sangat indah. Adapun saung-saung kecil tempat berjualan dan saung-saung yang tersebar dibeberapa sisi situ untuk tempat beristirahat dan makan.



Selain danaunya yang indah, situ Sukarame juga mempunyai pulau kecil berbentuk hati. Situ Sukarame juga menyediakan wisata air yang bisa anda sewa seperti rakit dan bebek-bebekan untuk mengelilingi situ Sukarame, dan ada juga playing fox dengan luncuran di atas situ Sukarame. Situ Sukarame sering dijadikan tempat memancing oleh warga sekitar maupun para pengunjung, juga sering digunakan oleh anggota pramuka untuk sekedar berkemah maupun jambore dikarenakan lokasinya yang masih alami dan tidak jauh dari jalan raya.

Pada awalnya tidak dipungut biaya untuk masuk ke tempat ini, seiring berkembang dan semakin banyaknya pengunjung yang datang maka kepala desa Sukarame menetapkan tarif masuk sebesar Rp. 5.000,-/ orang untuk biaya pemeliharaan Situ Sukarame. Tujuan utama pembuatan danau ini adalah diperuntukkan sebagai saluran irigasi yang mengairi area luas di area timur kecamatan Parakansalak itu sendiri selain juga sebagai tempat rekreasi, jadi jagalah kebersihan jika anda berkunjung ke tempat ini.

0 komentar:

Posting Komentar