Pages

Minggu, 28 Desember 2014

MUSEUM PALAGAN BOJONGKOKOSAN

Pertempuran Bojongkokosan 9 Desember 1945 merupakan pertempuran konvoi terbesar dan terdahsyat di Jawa sehingga sejak tahun 2004 Gubernur Jawa Barat menetapkan 9 Desember sebagai Hari Juang Siliwangi. Selain itu, sebagai tanda penghargaan terhadap para pejuang Sukabumi yang gugur dalam pertempUran tersebut maka dibuatlah sebuah museum Palagan Bojongkokosan.

Museum Palagan Bojongkokosan memiliki beberapa koleksi yang terbagi dalam dua ruang pameran. Pada ruang pamer I terdapat 4 (empat) buah vitrin dan baling-baling dan kaca jendela pesawat serta foto dan nama-nama pahlawan yang gugur di medan perang dalam peristiwa Bojongkokosan. Pada Ruang pamer II terdapat miniatur masterplan Palagan Bojongkokosan yang berada di tengah-tengah ruangan. Terdapat 7 Minirama (maket) yang menggambarkan tentang peristiwa di Bojongkokosan. Masing- masing menggambarkan dan diberi judul : 1. Penyusunan Kekuatan, 2. Musyawarah untuk melakukan tindakan, 3. Penyerbuan ke Perkebunan Cirohani, 4. Pertempuran Bojongkokosan, 5. Pemboman Cibadak oleh Angkatan Udara Kerajaan Inggris, 6. Pengusungan Jenazah dan yang luka-luka, 7. Pemakaman jenazah para pahlawan.

Museum Palagan Bojongkokosan ini berlokasi di Jalan Siliwangi No. 75, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi dan buka hampir setiap hari. Komplek museum ini mempunyai taman kecil dengan suasana sejuk karena ditumbuhi banyak pepohonan juga terdapat beberapa patung pejuang dan miniatur tank. Selain wisata sejarah anda juga dapat berwisata alam di tempat ini.

0 komentar:

Posting Komentar