Pages

Sabtu, 03 Januari 2015

Tutut, Keong Sawah Yang Gurih

Tutut (keong sawah) merupakan hewan bercangkang, sejenis keong, yang biasanya hidup dan banyak terdapat di sawah, ukurannya lebih kecil dari keong pada umumnya. Tutut mempunyai rasa yang enak dengan tekstur kenyal dan bergizi tinggi maka oleh sebagian masyarakat memanfaatkan tutut sebagai makanan.

Tutut dapat diolah dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dimasak dengan bumbu kuning. Tutut terlebih dahulu direndah selama satu malam, lalu dibersihkan dari lumpur dan lumut yang menempel pada cangkangnya, lalu potong bagian cangkang yang lancip untuk mengeluarkan kotorannya. Kemudian cuci beberapa kali sampai bersih, tutut siap di masak. Untuk mempertajam rasa, tambahkan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, sereh, dan bumbu penyedap seperti garam dan gula secukupnya. Masak sekitar 10-15 menit.

Jika anda merasa kesulitan untuk membuatnya di rumah, anda dapat menemukan olahan tutut ini di beberapa tempat di Sukabumi seperti di foodcout Yogja, di Foodcourd Selamat, atau di sebrang Toserba Yogja. Tutut bumbu kuning akan terasa enak jika disajikan ketika masih hangat. Anda dapat menambahkan bubuk cabai jika suka pedas. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar